Kamis, 03 September 2009

Sejumlah Kawasan Berpotensi Gempa Lebih Kuat


Sejumlah Kawasan Berpotensi Gempa Lebih Kuat
Liputan 6 - Jumat, September 4


Liputan6.com, Depok: Pakar gempa dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, Supriyatna menyatakan sebelum gempa dahsyat yang berpusat di Tasikmalaya, Jawa Barat, ada sejumlah gempa dengan skala 3-4 skala Ritcher terjadi. Namun, karena gempa tersebut kecil, masyarakat menjadi kurang waspada. Demikian diungkapkan Supriyatna di Depok, jawa Barat, Kamis (3/9).
Supriyatna menambahkan, gempa kemarin bisa terjadi akibat reaksi dari sejumlah gunung berapi yang masih aktif di Tasikmalaya, Cianjur, dan Garut. Adapun dilihat dari karakteristik geologi serta sejarah kegempaan, kawasan selatan Jawa masih berpotensi mengalami gempa besar. Hanya saja, permasalahan waktunya tidak ada seorang ahli pun yang dapat memprediksi [baca: Gempa Dahsyat Masih Berpotensi di Jabar].
Sementara itu, menurut Kepala Pusat Mitigasi Bencana Institut Teknologi Bandung (ITB), I Wayan Sengara, daerah lain yang harus diwaspadai karena kerawanannya adalah kawasan Sumatra bagian barat. Termasuk, Nusa Tenggara bagian selatan hingga kawasan timur.(ASW/ANS)

2 komentar:

  1. Kunjungan pertama, salam kenal dulu ya :-)

    BalasHapus
  2. Salam kenal juga Ya,,, Sebelum Terima kasih sdh mengunjungi Blog Saya.
    Mohon Bimbingannya dong Mas Irwan untuk meningkatkan tampilan pada Blog Saya

    BalasHapus