Selasa, 05 Oktober 2010

Trik Agar Setrika Tak Lengket

     Pernahkah Anda kesal gara-gara bagian bawah setrika lengket dan menempel pada pakaian ?  Jika ya, tahan emosi dulu, sebab ada beberapa trik untuk mengatasi hal tersebut.  Bagi sebagian orang, menyetrika pakaian adalah hal yang sulit dilakukan.  Apalagi jika dilakukan secara terburu-buru.  Wah, bisa kacau hasilnya.  Agar tak terjadi hal yang tersebut, berikut adalah beberapa trik yang dapat Anda lakukan.
     Pada saat akan mulai menyetrika, rencanakan terlibeih daulu pola menyetrikanya.  Mulailah dengan pakaian  yang tidak memutuhkan panas tinggi.  Kemudian, naikkan suhu setrika secara bertahap. Intinya, atur suhu setrika sesuai dengan bahan pakaian, contohnya acrylic, silk polister, rayon dan nilon, wool, katun dan linen.
     Hindari menyetrika sambil menonton TV atau melakukan aktivitas lain.  Jika tidak hati-hati, kebiasaan seperti ini dapat membuat pakaian Anda terbakar karena panas setrika.  Selain itu, menyetrika sekaligus melakukan kegiatan lain pada saat yang bersamaan, juga boros listrik dan waktu.
     Jika bagaian bawah setrika sudah mulai lengket, coba Anda siapkan daun pisang.  Caranya, pada saat setrika panas, gosokkan permukaan setrika pada daun pisang, setelah itu baru kemudian setrika tersebut dapat Anda gunakan untuk menyetrika pakaian.  Hal ini akan membuat alas setrika dan pakaian Anda tetap mulus.
     Selain itu, jangan lupa bersihkan bagian bawah setrika dari kerak yang dapat menghambat panas.  SElain itu, permukaan setrika pun dapat menjadi licin dan besih kembali jika digosok dengan kain lembut yang telah direndam dalam air teh dingin.
     Noda hangus pada alas setrika akibat setrika terlalu panas pun dapat dihilangkan dengan larutan boraks dua persen.  Selain itu, Anda bisa menggunakan waterstof peroksida tida persen yang hangat, atau larutan kalium permanganat dua persen.  Kemudian bilaslah dengan air bersih.
     Cara lainnya, Anda dapat menggunakan kertas amplas yang halus.  Caranya, ketika setrika daklam keadaan dingin, gosoklah alasnya secara perlahan.  Selain dapat menghilangkan noda hitam atau lengket, karat pada setrika juga dapat hilang.
     Demi keamananan Anda sekeluarga, segera matikan setrika segera setelah selesai menyetrika atau bila akan ditinggalkan untuk mengerjakan hal lain.

sumber : Kompas Klasika - Rabu 6/10/10

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar